Kamis, 19 November 2015

Tips Menghilangkan Ketombe Rambut (Pengalaman Pribadi)

Hai Gusy ^_^
Tadinya gak sama sekali kepikiran buat sharing proses menghilangnya ketombe di kulit kepala gw .
Ya I Think , sama aja buka aib sendiri , hahaha . Malu ya kan selama ini gw sangat bermasalah sama ketombe .

Menurut sumber dari wikipedia
Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan shampoo khusus atau pengobatan bebas.

Gw ngalamin punya ketombe di tahun 2012 . Rasanya gak enak banget , Apalagi gw pada saat itu kerja di toko yang aktifitas gw selalu mondar mandir ngelayanin orang , panas , keringetan & bikirn kulit kepala gw gatal . Toko gw gada AC jadi , kalo panas yaudah panas , nikmatin aja panas yang ada sampe kering sendiri tu keringet .
Kalo lagi gatel kulit kepala gw garuk & dari hasil garukan gw menemukan kaya kerak serpihan gitu . Setau gw ketombe itu memang dihasilkan dari kulit kepala yang kering & ahirnya nempel di rambut . Gw liat iklan shampo ketombe pun gitu , nempelnya kecil2 di rambut . Lah beda dengan ketombe yang gw punya , sedikit besar & cenderung jarang jadi serpihan kecil2 .

Penyebab ketombe sumber dari wikipedia
Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya umum terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Selain itu gw search google , katanya ketombe adalah jamur . Coba lu bayangin ngeri gak tuh , jamur bukan hanya di badan / panu , kaki dll . Tp dikepala . Gimana bisa , padahal gue udah sampohan tiap hari .
& Ternyata Gua salah , Gw baca juga sampohan tiap hari itu malah tidak bagus . Karna sisa shampo / Busa yang menempel dikulit kepala adalah salah 1 penyebab terjadinya ketombe & parahnya bisa terjadi kerontokan .
Yah memang gw akui saat gw ketombe an rambut gw jadi gampang rontok , Jadi semakin lu sering sampohan , makin banyak sisa sampo yg mengendap & bisa memancing terjadinya ketombe .
Ternyata setelah gw telaah kembali . Gw Ubah pola mandi gw yg lama .
Pola Mandi Terdahulu .
1. Siram air dari kepala (basahin semua tubuh& rambut)
2. Sampohan (pakai sampo sampe rata)
3. Lanjut sabunan
4. Lanjut Sikat Gigi
5. Baru Bilas Semuanya , Sampo , Sabun Badan & Kumur
Dan itu ternyata SALAH !!!!
Gw dapet tips dari beberapa temen gw yang baik hati , karna gw curhat kalo gw ketombean , dia tetep mau terima gw apa adanya , hahaha , gak jijik atau apa , karna jujur aja , gw rasanya udah depresi bgd sama ketombe gw , gw malu sama pacar gw saat itu kalo lg sama dia tiba2 gw garuk2 kepala . krna gak tahan sama gatelnya, nanti dia sangka gw kutuan lg . amsiong dah .
Tipsnya gini : pada saat sampohan jangan tuang sampo bnyak2 ke telapak tangan , Cukup 1 sendok teh kalo ukuran yg gampang di ibaratkan ya . digosokan dengan kedua belah tangan sampai merata di kedua tangan loe . baru usapkan ke rambut loe .
Dulu gw sampohan itu gw usap2 aja asal berbusa & rambut gw wangi , ternyata salah guys .
Sekarang gw sampohan gw ratain keseluruh rambut terus gw garuk2 perlahan pake ujung jari gw . Bukan ujung kuku ya , ujung jari , gerakannya berlawanan dengan arah rambut kita jatuh . kalau bagian belakang dekat leher gerakannya naik turun ke atas & seterusnya & LANGSUNG BILAS .
Kesalahan gw dulu itu gw tinggal itu busa dikepala gw langsung gw lanjut sabunan. Itu salah besar & itulah yang menyebabkan rambut kita berpotensi ketombean . 
Lanjut !!!!!!!!!
Pola Mandi Yg SEKARANG
1. Siram air dari kepala (basahin semua tubuh & rambut)
2. Sampohan (yg gw jelasin barusan diatas)
3. Langsung Bilas
4. Baru setelah rambut gw bersih gw lanjut sabunan dll .

1 Tahun belakangan ini gw ngebiasain pakai conditioner . Alhamdulillah , rambut gw walau tidak berkilau seperti bintang iklan , tapi untuk ukuran tipe rambut gw , gw rasa rambut gw cukup sehat .
Keluhannya cuma 1 sih sekarang . Kalo lagi haid kadang rontok . Kalo lg stress kerjaan rontok juga tapi sedikit . Belum ada perawatan khusus untuk rambut gw kalo lg rontok . Gw gak mau hantem rambut gw sama produk2 kecantikan . karna yang alami aja udah cukup . Rontok itu kan biasa lah hormon cewe .
kalo gak parah2 bgd gw gak problem . Asal gak ganggu aktifitas si its okey .
Pemilihan Shampoo juga perlu diperhatikan ya guys . Cewek itu ya kebiasaannya ngeliat produk baru langsung rasanyanya pengen nyoba . itu salah . Gw dulu gitu karna gw kebiasaan ganti2 sampo , karna liat iklan , gw gonta ganti sampo tiap bulan .
Kalo khusus untuk rambut ketombe ada beberapa merk Seperti Selshun DLL .
Gw dulu pake Selshun tapi gak cocok . Gak ngerti gak tau kenapa ,
Gw waktu mulai untuk berantas ketombe dengan cara yg BENAR Pakai Head & Shoulders .
Gw keramas (shampohan) 2 hari sekali . Pakainya dengan cara yg benar diatas & Kalau Head & Shoulders ini menurut gw busanya dikit itulah yang bikin rambut kita gak potensi ketombe .
Kadang gw kalau lg rajin gw treatmen pake santan kelapa nanti gw sharin caranya .
Tapi 3 bulan jalan gw pakai head & sholders gak gw lanjutin lagi , karna rambut gw cenderung kering .
Kalau head & shoulders ada conditioner nya mungkin gw bakal beli supaya rambut gw gak kering . karna gw suka bgd sama sampo head & shoulders
Kalau rambut kering bawaannya berat kalo di gw . Hahaha gatau kenapa hanya feeling aja sih , Gak beneran .
Sekarang gw pakai Pantene Anti Dandruff & Conditioner Pantene 3 Minute Miracle (Yg Iklannya Kaka Raline Shah Yg Cantik Itu Lho)
Hehehe . Sampai sekarang rambut bebas ketombe , Lembut , Harum , Enteng , Mudah disisir & Gak mudah kusut .

Makasih udah liat2 tulisan gw yang amburadul ini , babayyyy


6 komentar:

  1. Hahha hampir sma kyak sya gan. Ketombe uda di pakai cara apapun ttep aja muncul lagi.. Apa karna cara keramas nya yg salah yak?

    BalasHapus
  2. Terimaksih ka sering2 berbagi cerita yah 😊

    BalasHapus
  3. Kak, motif background nya cukup mengganggu saat membaca tulisan.hhe

    BalasHapus
  4. kesini karena ketombe parah binggo... thx sarannya btw sama suka ngendapin shampo dulu ga lgsg bilas

    BalasHapus
  5. Makasih kak blognya sangat bermanfaat. Nanti saya coba saran Kaka hehee

    BalasHapus